30 Jun 2012


1.      
Di dalam diri manusia pasti mempunyai rasa gelisah dalam kehidupa sehar-hari, baik itu gelisah akan musiabah ataupun yang lainnya.

A.    PENGERTIAN KEGELISAHAN
Kegelisahan berasal dari kaa gelisah yaiu perasaan yang buruk akan hal sesuatu atau perasaan yang tidak mengenakkan. Jadi  kegelisahan merupakan hal yang menggambarkan seseorang tidak tentram hati maupun perbuatannya, merasa kwatir, tidak tenang dalam tingkah lakunya, tidak sabar ataupun dalam kecemasan. Kegelisahan hanya dapat diketahui dari gejala tingkah laku atau gerak gerik seseorang dalam situai tertentu. Kegelisahan merupakan salah satu ekspresi kecemasan. Kegelisahan muncul biasanya ketika seseorang menungguhal sesuatu yang tidak pasti. Contohnya : ketika seorang anak ibunya gelisah menunggu anaknya yang belum pulang dari sekolah walaupun hari sudah malam. Jadi gelisah itu bias dikatakan sebagai rasa khawatir.

B.     PENYEBAB TIMBULNYA KEGELISAHAN
Kegelisahan juga bisa timbul ketika kita melakukan kesalahan, kesalahan yang tidak di ketahui oleh orang  lain, namun berakibat fatal hal ini akan menimbulkan kegelisahanyang sangat menyiksa batin  sehingga mempengaruhi apa yang kita kerjakan dan lambat laun akan memperlihatkan kesalahan yang kita perbuat tanpa disadari.     Menurut Freud, ada tIga jenis kecemasan yang sering dialami manusia. Kecemasan itulah adalah kecemasan realistic, kecemasan moral, dan kecemasan neurotic.
·         Kecemasan realistic Secara normal, kecemasan realistic ini sering dialami dalam kehidupan sehari-hari. Kecemasan realistic disebut juga dengan rasa takut. Contoh dari kecemasan ini sangat jelas, karena sumber kecemasan memang membayakan secara fisik, seperti jika saya melemarkan seekor ular kedepan anda, anda akan mengalami kecemasan realistic ini.
·         Kecemasan moral Ini akan kita rasakan ketika ancaman bukan dari luar, dari dunia fisik, tapi dari dunia sosial superego yang telah terintegrasi dalam diri kita. Kecemasan moral ini adalah antara lain dari rasa malu, rasa bersalah atau rasa takut mendapatkan sanksi.
·         Kecemasan Neurotik Perasaan takut jenis ini muncul akibat rangsangan-rangsangan id. Kalau anda pernah merasakan “kehilangan id”, gugup, tidak mampu mengendalikan diri, perilaku, akal dan bahkan pikiran anda, maka anda saat itu sedang mengalami kecemasan neurotic.
Penyebab timbulnya kegelisahan ada beberapa factor, contohnya factor ekonomi,agama, dll.Sebab-sebab Orang Gelisah adalah sebagai berikut :
Ø  Gelisah terhadap dosa-dosa dan pelanggaran ( yang telah dilakukan )
Ø  Gelisah terhadap hasil kerja ( tidak memenuhi kepuasan spiritual)
Ø  Takut akan kehilangan milik ( harta dan jabatan )
Ø  Takut menghadapi keadaan masa depan ( yang tidak disukai )

C.     USAHA-USAHA PENYEMBUH KEGELISAHAN
Secara Agama untuk menghilangkan rasa kegelisahan adalah dengan berserah diri kepada tuhan contohya dengan bewudhu, sholat, dan dzikir. Secara umum untuk menghilangkan rasa kegelisahan harus kembali kepada diri sendiri, kita harus brsikap tenang agar fikiran pun menjadi jernih dan tenang.

D.    KETIDKPASTIAN
Ketidakpastian artinya keadaan yang tidak pasti, tidak menentu, tidak tahu, keadaan tanpa arah yang jelas, kedaan tanpa asal – usul yang tidak jelas,  sebagai akibat dari pikiran yang kacau.

E.      SEBAB – SEBAB TERJADI KETIDAKPASTIAN
Adapun factor penyebabnya :
·         Terobsesi : adanya pikiran atau perasaan tertentu yang terus – menerus  tentang hal yang tidak menyenangkan yang tidak diketahui penyebabnya oleh si penderita.
·         Phobia :  rasa ketakutan yang tak terkendali pada suatu hal atau kejadian tanpa diketahui penyebabnya.
·         Kompulasi : keragu-raguan tentang apa yang telah dikerjakan sehingga ada dorongan yang tidak disadari melakukan perbuatan serupasecara berulang-ulang.
·         Histeria :  disebabkan oleh tekanan mental, kekecewaan, pengalaman pahit yang menekan, kelemahan syaraf, tidak mampu menguasai diri, sugesti dari sikap orang.
·         Delusi : menunjukan pikiran yang tidak beres, karena suatu keyakinan palsu, tidak dapat memakai akal sehatya. Delusi ada 3 macam : (a) delusi persekusi, (b) delusi keagungan dan (c) delusi melancholis.
·         Halusinasi : hayalan yang terjadi tanpa rangsangan panca indra.
·         Keadaan emosi : akan napak padakeseluruhn pribadinya seperti gangguan nafsu makan, pusing-pusing, muka memerah, nadi cepat, berkeringat, tekanan darah tinggi/rendah.

F.      USAHA – USAHA PENYEMBUHAN KETIDAKPASTIAN
Untuk dapat menyembuhkan keadaan ini berganung pada mental si penderita, apabila sudah diketahui penyebabnya maka akan mudah untuk menyembuhkannya. Orang yang bersikap sombong dan angkuh bila mengalami musibah, baru berkurang rasa sombongnya, tetapi mungkin juga tidak . Kesembuhan itu karena pengalaman . Sumber penyembuhannya ada pada masyarakat sekitar dan diriny sendiri.


sumber :

wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/06/tugas-ibd-54/
elearning.gunadarma.ac.id/.../bab10-manusia_dan_kegelisahan.pdf

0 comments: