21 Okt 2012


Pada jaman sekarang ini perkembangan internet sangatlah pesat. Berkembang dengan pesatnya internet web pun tidak kalah berkembangnya dengan internet.
Internet mulai berkembang pada tahun 1970, pada saat itu internet digunakan untuk bertukar informasi atau berkomunikasi antara dua computer atau lebih. Bahkan pada saat itu internet hanya digunakan untuk keperluan militer, dengan semakin pesatnya perkembangan internet, dan kemajuan jaman dimana informasi sangat dibutuhkan, oleh karena itu penerapan jaringn internet merambah ke dunia pendidikan, dengan kemajuan jaman disertai dengan teknologi lahirlah inovasi dalam dunia internet, yaitu salah satunya adalah teknologi web.

Pada awal muncul web sangatlah sederhana, hanya menampilkan hyperlink (link) dan masih menggunakan tampilan nomor yang mirip dengan suatu menu yang menghubungkan antara satu halaman ke halaman lainnya. Pemakai mengetikkan suatu nomor untuk melakukan navigasi di dalam web, hal ini disebabkan karena perkembangan teknologi karena sejarah web sangat berkaitan dengan perkembangan teknologi computer. Pada saat itu teknologi web kebanyakan dikembangkan dan berjalan pada system operasi unix dan jarang menggunakan teknologi windows, Walaupun ada beberapa tetapi tampilannya sangat sederhana. Berlokasi di kota Geneva, Swiss mengajukan protocol system distribusi internet yang digunakan untuk berbagi informasi di antara para fisikawan.

Web broser digunakan sebagai  berselancar atau istilah jaman sekarang browsing. Pada saat itu pertama kali browser yang sangat popular adalah Internet Explorer yang digunakan untuk mengakses web melalui computer. Seiring dengan perkembangan teknologi muncul berbagai web browser diantaranya modzila firefox, google chrome, opera, safari, dan sebagainya. Dengan kemunculan web browser perkembangan web pun berkembang. Lahir definisi web pada akhir tahun 90-an, yaitu dengan nama web 2.0. web 2.0 ini didefinisikan sebagai web yang berfungsi kolaboratif, informative, dengan tujuan membuat pengguna semakin mudah dan dekat, salah satunya dengan hadirnya social networking.

Mei 1993, Marc Andreesen dan beberapa murid dari NCSA(National Center for Supercomputing Application) pada saat itu membuat sebuah web browser untuk system X-Windows yang berbasis grafik dan yang mudah untuk digunakan. Pada saat itu Mosaic telah  menarik perhatian pemakai internet. Kemudian NCSA mengembangkan versi-versi Mosaic lainnya untuk kompuetr berbasis UNIX, Next, Windows dan Macintosh.

March Andreeson meninggalkan NCSA pada tahun 1994, dan juga bersama  Jim clark yaitu salah satu pendiri dari Silicon Grapihics. Kehadiran Netscape ini menggantikan kepopuleran Mosaic sebagai Web browser dan bahkan sampai saat ini Netscape merupakan browser yang banyak digunakan setelah Internet Explorer dari Microsoft.
Pada tahun 1994 , CERN dan MIT mendirkan suatu konsorsium untuk membangun standart bagi teknologi web yang di beri nama World Wide Web Consortium (W3C) dan dikenal protocol World Web. W3C merupakan konsorsium dari sejumlah orgaanisai yang berkepintingan dalam pengembangan web.

Tahun 1993, pada saat itu terdapat 130 server web internet. Pada bulan juni 1995 bertambah menjadi 23.500 server web. Ketika browser masih berbasiskan teks hanya terdapat sekitar 50 website, dan pada kahir tahun 1995 berkembang menjadi 300.000 web site. Diperkirakan pada saat ini jumlah pemakai web telah mencapai 30-an juta di seluruh dunia. Mengakses internet tidak hanya melalui computer saja tetapi sudah menjangkau hingga berbasis mobile, seperti laptop, netbook, smartphone bahkan hingga handphone, jadi perkembangan web berbanding lurus dengan perkembangan teknologi.

1 comments:

andiny oktariana mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.