30 Jun 2012




Manusia adalah salah satu makhluk ciptaan Allah yang dianugrahi akal pikiran dan memiliki potensi untuk beriman kepada Allah dan dengan akalnya mampu memahami dan mengamalkan wahyu serta gejala-gejala alam, memiliki rasa tanggung jawab atas segala tingkah lakunya dan berakhlak.

A.    PENGERTIAN TANGGUNG JAWAB
Tanggung jawab merupakan sifat yang harus dimiliki seseorang, dengan memiliki rasa tagging jawab orang tersebut bias dikatakan pemberani. Tanggung jawab merupakan aktualisasi dan perwujudan dari sikap sadar seorang yang dikatakan manusia. Menurut kamus besar bahasa Indonesia tanggung jawab merupakan keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sedangkan menurut WJS. Poerwodarminto, tanggung jawab adalah sesuatu yang menjadi kewajiban (keharusan) untuk dilaksanakan, dibalas dan sebagainya.

B.     Macam-macam Tanggung Jawab
a.       Tanggung jawab terhadap dirinya sendiri
Tanggung jawab kepada diri sendiri adalah tanggung jawab yang ditunjukkan untuk dirinya sendiri, khususnya yaitu tanggung kepada cit-citanya dimasa depan. Tanpa adanya tanggung jawab pasti cita-cita itu akn sulit untuk dicapainya.  Selain kepada cita-cita, kita juga harus bisa magatur diri kita sendiri agar sesuai dengan cita-cita yang kita inginkan. Tanggung jawab itu sangat penting sekali dalam kehidupakarena tanggung jawab akn mencerminkan diri kita sendiri di hadapan orang banyak. Memang cukup sulit untuk bisa memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. itu semua dapat timbul tergantung pada diri kita masing-masing, bola kita ada niat untuk menanamkan rasa tanggung jawab dalam diri kita sendiri. Pasti kita akan mendapat kepercayaan dari orang banyak, dan kita juga harus bisa menjaga kepercayaan seseorang dengan rasa tanggung jawab yang tinggi.

b.      Tanggung Jawab Terhadap Keluarga
Keluarga Merupakan masyarakat kecil. setiap anggota Keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarganya. Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga, tetapi tanggung jawab juga merupakan kesejahteraan, keselamatan, pendidikan, dan kehidupan. Contohnya : seorang ibu yang berangguang jawab menjadi seorang ibu rumah tangga yaitu ia harus harus melayani suaminya, dan anak-anaknya, seperti memasak dan lain sebagainya.



c.       Tanggung Jawab Terhadap Masyarakat
Manusia merupakan mahluk social yaitu tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain, denga begitu manusia harus berkomunikasi dengan manusia ain dengan demikian manusia merupakan anggota masyarakat yang mempunya tanggung jwab seperti anggota masyarakat yang lain dapat melangsungkan hidupnya dalam masyarakat. Semua tingkah laku dan perbuatan manusia harus dipertanggung jawabkan kepada masyarakat. Contohnya : seorang walikota harus bertanggun jawab menyelesaikan masalah didalam warganya yang mengalami perselisihan.

d.      Tangung Jawab Terhadap Bangsa dan Negara.
Tiap manusia atau individu adalah warga Negara dalam suatu Negara. Dalam berbuat atau bertindak dan berpikir terikat oleh norma – norma dan aturan – aturan yang dibuat oleh Negara. Jika manusia tersebut salah maka ia harus bertanggug jawab pada Negara karena telah melanggar norma atau aturan – aturan yang berlaku. Contohnya : seorang koruptor harus mempertanggung jawabkan terhadap prbuatan yang telah di lakukannya, ia harus mematuhi hukum yang ada di negaranya.

e.       Tanggung Jawab Terhadap Tuhan
Tuhan menciptakan manusia tidak hanya menciptakan saja, tetapi Tuhan menciptakan Manusia untuk beribadah kepadaNya, jadi kita hidup hanya untuk beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa, beribadah itu tidak hanya sholat atau sembahyang, beribadah merupakan perbuatan yang bermanfaat atau mempunyai tjuan yang baik, contohnya : bekerja, belajar, dll. Manusia juga mpunya pandangan hidup yaitu kitab suci contohnya agama muslim ialah Al-Qur’an, jadi Al-Qur’an harus dijadikan pedoman. Contoh Tanggung jawab terhadap tuhan adalah beribadah kepadaNya dan mematuhi peraturan-peraturn yang telah tertera di dalam kiab suci, atau bias dikatakan menjalankan yang di wajibkan atau diharuskan dan meningglkan yang dilarang.

Di antara berbagai tanggung jawab di pundak manusia adalah tanggung jawab mereka di hadapan Allah Swt. Yaitu dalam mematuhi perintah Allah Swt. Jika tidak dipupuk sejak dini, maka di masa mendatang sang anak tidak akan dapat melakukan tangyung jawabnya dalam menunaikan taklif ilahi. Selain itu, dia juga tidak dapat diharapkan untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab individu dan sosialnya.


Sumber :
desispectryani.blogspot.com/2012/05/manusia-dan-harapan.html
ocw.gunadarma.ac.id/course/psychology/.../manusia-dan-harapan

0 comments: