13 Jun 2014

A.    PENGERTIAN GAME
Game merupakan kata dalam bahasa inggris yang berarti permainan.Permainan adalah sesuatu yang dapat dimainkan dengan aturan tertentu sehingga ada yang menang dan ada yang kalah, biasanya dalam konteks tidak serius atau dengan tujuan refreshing. Suatu cara belajar yang digunakan dalam menganalisa interaksi antara sejumlah pemain maupun perorangan yang menunjukkan strategi-strategi yang rasional. Teori permainan pertama kali ditemukan oleh sekelompok ahli Matematika pada tahun 1944. Teori itu dikemukakan oleh John von Neumann and Oskar Morgenstern yang berisi:

"Permainan terdiri atas sekumpulan peraturan yang membangun situasi bersaing dari dua sampai beberapa orang atau kelompok dengan memilih strategi yang dibangun untuk memaksimalkan kemenangan sendiri atau pun untukmeminimalkan kemenangan lawan. Peraturan-peraturan menentukan kemungkinan tindakan untuk setiap pemain, sejumlah keterangan diterima setiap pemain sebagai kemajuan bermain, dan sejumlah kemenangan atau kekalahan dalam berbagai situasi. (Theory of Games and Economic Behavior (3d ed. 1953)).

Pengertian game menurut beberapa ahli :
1.   Menurut Agustinus Nilwan dalam bukunya Pemrograman Animasi dan Game Profesional terbitan Elex Media Komputindo, game merupakan permainan komputer yang dibuat dengan teknik dan metode animasi. Jika ingin mendalami pengunaan animasi haruslah memahami pembuatan game.Atau jika ingin membuat game, maka haruslah memahami teknik dan metode animasi, sebab keduanya saling berkaitan.

2.      Menurut Clark C. Abt, Game adalah kegiatan yang melibatkan keputusanpemain, berupaya mencapai tujuan dengan dibatasi oleh konteks tertentu (misalnya, dibatasi oleh peraturan).

3.      Menurut Bernard Suits Game adalah upaya sukarela untuk mengatasi rintangan yang tidak perlu .


4.      Menurut Greg Costikyan, Game adalah sebentuk karya seni di mana peserta, yang disebut Pemain, membuat keputusan untuk mengelola sumberdaya yang dimilikinya melalui benda di dalam game demi mencapai tujuan .
A.    KONSEP PENGEMBANGAN GAME

1.      Game Engine 
Sebuah mesin permainan adalah sebuah sistem perangkat lunak yang dirancang untuk penciptaan dan pengembangan video game. Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol video games dan sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X. Fungsional inti biasanya disediakan oleh mesin permainan yang mencakup mesin render ("renderer") untuk 2D atau 3D grafis, physics engine dan collision detection (dan collision response), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen memori, threading, dan scene graph. Proses pengembangan permainan sering dihemat karena sebagian besar permainan menggunakan kembali mesin permainan yang sama untuk menciptakan permainan yang berbeda.
Game engine menyediakan tool pengembangan visual dengan tujuan komponen- komponen perangkat lunak tersebut dapat digunakan kembali. Alat-alat ini umumnya diberikan dalam sebuah lingkungan pengembangan terintegrasi untuk memungkinkan disederhanakan, perkembangan pesat game di data-cara didorong. Mesin permainan ini kadang-kadang disebut "permainan middleware" karena, seperti bisnis dengan pengertian, mereka menyediakan fleksibel dan dapat digunakan kembali platform perangkat lunak yang menyediakan semua fungsionalitas inti yang diperlukan, langsung dari kotak, untuk mengembangkan suatu aplikasi permainan sambil mengurangi biaya, kompleksitas, dan waktu-ke-pasar-semua faktor-faktor kritis yang sangat kompetitif industri permainan video.
Seperti solusi middleware lain, mesin permainan biasanya menyediakan platform abstraksi, yang memungkinkan permainan yang sama untuk dijalankan pada berbagai platform termasuk game konsol dan komputer pribadi dengan sedikit, jika ada, perubahan yang dibuat untuk permainan kode sumber. Sering kali, permainan middleware dirancang dengan arsitektur berbasis komponen yang memungkinkan sistem tertentu dalam mesin yang akan diganti atau diperpanjang dengan lebih khusus (dan sering kali lebih mahal) komponen middleware seperti fisika Havok, FMOD untuk suara, atau Scaleform untuk UI dan video. Beberapa mesin permainan seperti RenderWare bahkan dirancang sebagai serangkaian komponen terhubung secara longgar middleware selektif yang dapat dikombinasikan untuk membuat mesin custom, bukan pendekatan yang lebih umum untuk memperpanjang atau menyesuaikan solusi terintegrasi yang fleksibel. Namun kemungkinan diperpanjang tercapai, hal itu tetap menjadi prioritas tinggi dalam permainan mesin karena berbagai menggunakan yang mereka diterapkan. Meskipun kekhasan nama, mesin permainan yang sering digunakan untuk jenis aplikasi interaktif real-time dengan persyaratan grafis seperti pemasaran demo, visualisasi arsitektur, latihan simulasi, dan pemodelan lingkungan.
Beberapa mesin permainan hanya menyediakan waktu-nyata, bukan kemampuan render 3D dari beragam fungsi yang diperlukan oleh permainan. Mesin ini mengandalkan permainan pengembang untuk melaksanakan seluruh fungsi ini atau merakit dari komponen middleware permainan lainnya. Mesin jenis ini umumnya disebut sebagai "mesin grafis," "mesin rendering," atau "mesin 3D" bukannya yang lebih mencakup istilah "mesin permainan." Namun, terminologi ini tidak konsisten digunakan sebagai banyak fitur lengkap mesin game 3D disebut hanya sebagai "mesin 3D." Beberapa contoh dari mesin grafis adalah: RealmForge, Truevision3D, ogre, Crystal Space, Genesis3D, Irrlicht dan JMonkey Engine. Permainan modern atau mesin grafis umumnya memberikan adegan grafik, yang merupakan berorientasi objek representasi dari dunia permainan 3D yang sering menyederhanakan desain permainan dan dapat digunakan untuk rendering lebih efisien dari dunia maya yang luas. 

Tipe – tipe Game Engine
Game engine biasanya datang dengan berbagai macam jenis dan ditujukan untuk berbagai kemampuan pemrogramman. Tapi dalam pembahasan sekarang ini, ketimbang harus me-list semua jenis game engine yang ada di wikipedia, mendingan kita bahas garis besar nya saja.
Roll-your-own game engine. Banyak perusahaan game kecil seperti publisher indie biasanya menggunakan engine nya sendiri. Ini berarti mereka menggunakan API seperti XNA, DirectX atau OpenGL untuk membuat game engine mereka sendiri. Disisi lain, mereka kadang menggunakan libraries komersil atau malah open source. Terkadang mereka malah membuat semuanya dari nol.
Biasanya, game engine tipe ini lebih disukai karena selain kemungkinan besar tersedia gratis, juga memperbolehkan mereka, para developer, lebih fleksibel dalam mengintegrasikan komponen yang diinginkan untuk dibentuk sebagai game engine mereka sendiri. Kelemahannya, banyak engine yang dibuat dengan cara semacam ini malah menyerang balik developernya. Menara Games Studio membutuhkan satu tahun penuh untuk menyempurnakan game engine nya, hanya untuk di tulis ulang semuanya dalam beberapa hari penggunaan karena adanya bug kecil yang sangat mengganggu.
Mostly-ready game engines. Engine engine ini biasanya sudah menyediakan semuanya begitu diberikan pada developer / programmer. Semuanya termasuk contoh GUI, physiscs, libraries model dan texture, dan segalanya. Banyak dari mereka yang sudah benar benar matang, sehingga dapat langsung digunakan untuk scripting sejak hari pertama.
Biasanya game engine semacam ini memiliki batasan batasan, terutama jika dibandingkan dengan game engine sebelumnya yang benar benar terbuka lebar. Hal ini ditujukan agar tidak terjadi terlalu banyak error yang mungkin terjadi setelah sebuah game yang menggunakan engine ini dirilis, dan masih memungkinkan game engine nya itu sendiri untuk mengoptimalkan kinerja game nya. Banyak dari game engine seperti ini, Unreal Engine, Source Engine, id Tech Engine dan sebagainya, yang sudah sangat optimal dibandingkan jika harus membuat dari awal. Hal ini dengan serta merta menyingkat sangat banyak waktu dan jelas, biaya dari para Developer game.
Point-and-click engines. Engine untuk point-and-click merupakan engine yang sangat amat dibatasi, tapi dibuat sangat user friendly. Kamu bahkan bisa mulai membuat game mu sendiri menggunakan engine seperti GameMaker, Torque Game Builder dan Unity3D. Dengan sedikit memanfaatkan coding, kamu sudah bisa merilis game point-and-click yang kamu banget.
Kekurangannya terletak pada terbatasnya jenis interaksi yang bisa dilakukan, dan biasanya hal ini mencakup semuanya, mulai dari grafis, hingga tata suara. Tapi bukan berarti game engine jenis ini nggak berguna, bagi developer cerdas dan berdaya kreativitas tinggi, game engine bapuk seperti ini bisa dirubah menjadi sebuah game menyenangkan, seperti Flow. Game engine seperti ini memang ditujukan bagi developer yang ingin menyingkat waktu pemrogramman, dan secepatnya merilis game game mereka.
Beberapa contoh jenis game engine :
a.       Freeware game engine/open source game engine
·         Blender
·         Golden T Game Engine (GTGE)
·         DXFramework
·         Ogre
·         Aleph One
·         Axiom Engine
·         Allegro Library
·         Box2D
·         Build Engine
·         Cube
·         Cube 2
·         DarkPlaces
·         jMonkeyEngine (jME)
·         Panda3D
·         Sphere

b.       Commercial engines/game engine berbayar (komersial)
·         Alamo
·         A.L.I.V.E
·         BigWorld
·         DXStudio
·         Dunia Engine
·         Euphoria
·         GameStudio
·         Jade Engine
·         Jedi
·         Medusa
·         RPG Maker VX
·         RPG Maker XP
·         RPG Maker 2003
·         RPG Maker 95
·         Vision Engine

1.      Game Tools

Sebuah permainan alat pengembangan adalah aplikasi perangkat lunak khusus yang membantu atau memfasilitasi pembuatan komputer atau video game. Beberapa tugas ditangani oleh alat termasuk konversi aset (seperti model 3D, tekstur, dll) ke dalam format yang dibutuhkan oleh permainan, mengedit dan skrip tingkat kompilasi.
Hampir semua alat-alat pengembangan permainan dikembangkan oleh pengembang kustom untuk satu permainan. Meskipun alat dapat digunakan kembali untuk kemudian permainan, mereka hampir selalu mulai sebagai sumber daya untuk satu permainan. Sementara banyak Cots paket yang digunakan dalam produksi seperti permainan-paket 3D seperti Maya dan 3D Studio Max, grafik editor seperti Photoshop dan IDE seperti Microsoft Visual Studio-mereka tidak dianggap sebagai alat pengembangan permainan semata-mata karena mereka telah menggunakan permainan di luar pembangunan.
Alat permainan mungkin atau mungkin tidak akan dirilis bersama dengan pertandingan final, tergantung pada apa alat ini digunakan untuk. Untuk permainan kontemporer, biasanya untuk mencakup tingkat setidaknya editor dengan permainan yang membutuhkan mereka. 

2.      Interaksi 
Interaksi dengan orang lain dapat dilakukan dalam game yang bersifat multiplayer game. Dalam game ini kita tidak bermain sendiri tetapi kita bermain dengan banyak orang yang berasal dari latar belakang yang berbeda. Interaksi yang dilakukan selain komunikasi adalah kerjasama dalam menyelesaikan game. Beberapa game yang bersifat team seperti dota dan CS sangat mementingkan team work bukan skill individu. Hal lain yang perlu kita perhatikan juga adalah seberapa besar pengaruh game terhadap gamer. Beberpa game memang dapat memberikan pengaruh yang buruk terhadap orang yang memainkannya. Gamer yang sering memainkan game yang memiliki unsur kekerasan biasanya memiliki karakter yang keras seperti game yang dimainkan. Untuk menghidari hal ini, seorang game developer harus mampu memikirkan seberapa besar efek yang ditimbulkan game yang dibuatnya. Selain itu, seorang player harus memilki kemampuan untuk tidak terpengaruh oleh game yang dimainkan. 


3.      AI (Artificial Intelegensi)
Artificial Intellegent (AI), sebuah teknologi intelegensia buatan menjadi sebuah konsep untuk mengembangkan game interaktif. Dalam game interaktif ini diupayakan tokoh-tokoh didalamnya mampu diajak bicara dengan pemain game tersebut. Selain itu game ini dibuat dengan tampilan tiga dimensi, ini untuk menguatkan kesan seolah-olah pemain game benar-benar sedang "ngobrol" dengan tokoh game. "Chatbot", sebuah istilah untuk karakter game yang bisa diajak bicara, akan mengarahkan pemain dalam bebarapa petunjuk agar tercipta pembicaraan yang "nyambung" seolah-olah kita berinteraksi dengan seseorang yang berbeda karakter.
Game interaktif ini akan diperkenalkan di ajang Electronic Entertainment Expo di Santa Monica, California. Ajang ini merupakan sebuah pameran berkelas internasional yang khusus pada segmen hiburan komputer. Sedangkan Microsoft akan memamerkannya dalam sebuah proyek bernama natal. Game ini akan menampilkan Milo, tokoh yang bisa diajak ngobrol dengan manusia. Para developer berharap agar game ini dikategorikan sebagai sebuah game tersendiri yaitu The First Person Talker.

Pada tugas softskil kali ini saya akan mereview sedikit tentang game engine, yang saya akan review yaitu game engine Panda3D. Panda3D adalah mesin permainan yang mencakup grafis, audio, I / O, tabrakan, dan kemampuan lain yang relevan dengan penciptaan game 3D.
Panda3D adalah open source dan, pada 28 Mei, 2008 perangkat lunak bebas di bawah revisi lisensi BSD. Rilis sebelum 28 Mei 2008 tidak dianggap Free Software karena kesalahan tertentu dalam desain lisensi Panda3D tua. Meskipun demikian, rilis ini lebih tua dari Panda3D juga dapat digunakan untuk kedua pengembangan game gratis dan komersial tanpa biaya keuangan.

Dimaksudkan Panda3D ini permainan pengembangan bahasa Python. Mesin itu sendiri ditulis dalam C + + , dan menggunakan sebuah otomatis wrapper-generator untuk mengekspos fungsi lengkap dari mesin dalam antarmuka Python. Pendekatan ini memberikan pengembang keuntungan dari pengembangan Python, seperti perkembangan pesat dan manajemen memori maju, namun tetap kinerja bahasa disusun dalam inti mesin. Misalnya, mesin yang terintegrasi dengan kolektor sampah Python, dan struktur mesin secara otomatis dikelola.
The manual dan contoh program menggunakan Python, meskipun pengembang bekerja pada menerjemahkan manual untuk C + + dan menyediakan C + + sampel program.

Seorang pengembang menggunakan Panda3D biasanya menulis kode di Python, tetapi juga memungkinkan untuk langsung mengakses mesin menggunakan C + + code.

Para pengguna Panda3D termasuk pengembang dari beberapa game komersial besar, sebuah proyek sumber terbuka beberapa, dan sejumlah program universitas yang memanfaatkan kurva belajar pendek Panda3D itu. Masyarakat kecil tapi aktif, dan pertanyaan pada forum umumnya menjawab dengan cepat.

Panda3D adalah mesin grafik adegan. Ini berarti bahwa dunia maya ini awalnya kosong Cartesian ruang menjadi yang menyisipkan permainan programmer model 3D. Panda3D tidak membedakan antara "besar" model 3D, seperti model dari penjara seluruh atau pulau, dan "kecil" model 3D, seperti model meja atau pedang. Model baik besar dan kecil yang dibuat dengan menggunakan program pemodelan standar seperti Blender , 3ds Max atau Maya , dimuat ke Panda3D, dan kemudian dimasukkan ke dalam ruang Cartesian.

Grafik adegan Panda3D mengekspos fungsi OpenGL dan DirectX dalam bentuk yang cukup literal. Misalnya, OpenGL dan DirectX keduanya memiliki kemampuan kabut. Untuk mengaktifkan kabut di Panda3D, satu hanya menyimpan parameter kabut pada node dalam grafik adegan. Parameter kabut sama persis dengan parameter panggilan setara dalam API yang mendasarinya. Dengan cara ini, Panda3D dapat dilihat sebagai pembungkus tipis sekitar API tingkat rendah. Dimana hal itu berbeda dari mereka adalah bahwa ia menyimpan adegan, sedangkan OpenGL dan DirectX tidak. Tentu saja, itu juga menyediakan tingkat yang lebih tinggi operator, seperti memuat model, melaksanakan animasi, mendeteksi tabrakan, dan sejenisnya.

 Panda3D pertama direkayasa sebelum adanya shader vertex dan pixel. Ini diperoleh dukungan untuk shader manual ditulis pada tahun 2005. Namun, pengguna telah lambat untuk meningkatkan modern yang per-pixel teknik pencahayaan dalam permainan mereka. Para pengembang berteori bahwa ini adalah karena program shader bisa sangat sulit, dan bahwa pengembang game banyak ingin mesin untuk menangani secara otomatis.

Untuk memperbaiki situasi ini, para pengembang Panda3D baru-baru ini diberikan Panda3D kemampuan untuk mensintesis shader otomatis. Sintesis ini terjadi jika pemodel 3D menandai model untuk per-pixel pencahayaan, atau jika pemodel menerapkan peta normal, peta, gloss diri iluminasi peta, atau kemampuan lain yang melebihi kemampuan dari pipa fixed-fungsi. Tujuan dari sintesis ini adalah untuk membuat model sebagai modeler dimaksud, tanpa intervensi dari programmer.

Non-Graphical Kemampuan
           
Panda3D menyediakan kemampuan selain render 3D. Kepala di antara ini adalah: 
·         Kinerja alat analisis. 
·          Eksplorasi grafik alat adegan. 
·         Debugging alat. 
·         Sebuah seni pipa ekspor / impor lengkap. 
·          3D Audio, baik menggunakan FMOD , OpenAL atau Sistem Suara Miles . 
·          Deteksi tabrakan. - Fisika sistem, dan integrasi penuh untuk Mesin Dynamics Terbuka , eksperimental PhysX dan integrasi Bullet.
·          Keyboard dan dukungan Mouse.
·         Dukungan untuk I / O device.
·         Negara yang terbatas mesin.
·         GUI, integrasi libRocket
·          Jaringan.
·         Kecerdasan buatan.

Sejarah
The Disney studio VR adalah cabang dari Disney yang diciptakan untuk membangun atraksi 3D untuk taman hiburan Disney. Mereka membangun daya tarik yang disebut "Magic Carpet Aladin," dan mesin yang mereka buat untuk itu akhirnya menjadi Panda3D. Mesin dalam bentuk yang sekarang sedikit beruang kemiripan kepada tahun-tahun awal. Seiring waktu, Panda3D digunakan untuk naik VR tambahan di taman hiburan Disney, dan akhirnya digunakan dalam penciptaan Toontown online , game online diatur dalam dunia kartun, dan kemudian untuk kedua MMORPG , Pirates of the Caribbean online.
Pada tahun 2002, mesin dirilis sebagai open source. Menurut penulis, ini adalah agar mereka "bisa lebih mudah bekerja dengan universitas pada proyek-proyek penelitian Virtual Reality."  Namun, butuh beberapa waktu untuk Panda3D untuk lepas landas sebagai proyek open-source. Dari artikel:
Sistem ini, meskipun cukup digunakan oleh tim yang mengembangkan itu, tidak cukup "open source siap." Ada beberapa pengguna yang tertarik, tetapi membangun dan memasang sistem itu sangat kompleks, dan ada sedikit di jalan dokumentasi atau kode sampel, sehingga tidak ada komunitas sumber terbuka yang signifikan segera.
Namun, terbuka-sumber dari mesin diperbolehkan Carnegie Mellon Pusat Teknologi Hiburan untuk bergabung dalam pengembangan mesin. Sementara Disney insinyur terus melakukan sebagian besar pembangunan, tim Carnegie Mellon-membangun peran untuk dirinya sendiri polishing mesin untuk konsumsi publik, menulis dokumentasi, dan menambahkan beberapa fitur high-end seperti shader.
Nama Panda3D yang pernah akronim: "Agnostic platform jaringan Arsitektur Tampilan." Namun, karena frase yang telah kehilangan sebagian besar maknanya, kata "Panda3D" jarang dianggap sebagai akronim lagi.

DAFTAR PUSTAKA 
- http://mievta.wordpress.com/2010/07/03/perbandingan-game-engine-c4-
engine-dengan-panda-3d/ 
- http://aprildarma14.blogspot.com/2012/04/game-engine-panda3d.html 
- http://edithpradipta.blogspot.com/2012/10/game-engine-panda3d.html 
- http://narita-kyoushi.blogspot.com/2011/07/game-engine.html 
- http://id.wikipedia.org/wiki/Halaman_Utama 
- https://www.google.co.id/ 

0 comments: