30 Mei 2015

Pada postingan kali ini saya akan membuat sebuah tutorial bagaimana cara menginstall server untuk tugas mata kuliah pemrograman Jaringan. langsung aja disini saya akan menjelaskan langkah-langkah dalam menginstal server. disini saya menggunakan virtualbox, jadi untuk mengikuti tutorial dibawah ini anda harus menginstal virtualbox. untuk os(sistem operasi) dibagian server saya menggunakan ubuntu-server14 dan bagian client menggunakan sistem operasi windowsXp. Untuk itu langsung aja kita praktek.


Langkah pertama kita install dulu ubuntu-server dan windowsXp di virtualbox, untuk tutorial cara install ubuntu-server bisa di lihat di cara install ubuntu server. pastikan komputer atau laptop anda terhubung dengan internet karena kita akan menginstall aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan pada Server. Sebelumnya kita lakukan pengaturan pada bagian Network di virtualbox seperti dibawah ini. Untuk IP Address dan nama silahkan sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.
               

           IP Address Ubuntu Server:
  • IP Address : 192.168.10.254
  • Netmask    : 255.255.255.0
  • Domain      : cooking.com
                Network Setting pada Virtualbox:
  •              Ubuntu Server 12.04 
  •        Adapter 1 = NAT
  •       Adapter 2 = Bridge Adapter
     Windows XP :
  •         Adapter 1 = Bridge Adapter
Setelah langkah-langkah diatas dilakukan, kemudian langkah selanjutnya adalah aktifkan Ubuntu server yang telah diinstal anda dan pastikan pada ubuntu server anda sudah terhubung ke   internet. Jika belum terhubung ke internet coba jalankan perintah berikut untuk merestart network.

$sudo /etc/init.d/networking restarting

Setelah itu lakukan ping ke salah satu website contohnya ping google.com, pastikan intenet   dapat diakses.

Langkah selanjutnya adalah menambahkan Repository Lokal
Repository  yang akan ditambahkan adalah repository lokal yaitu repository Kambing, untuk itu kita edit file /etc/apt/sources.list kemudian masukan daftar repository pada bagian bawah:
ketikkan perintah:


$ sudo nano /etc/apt/sources.list

       
Kemudian simpan konfigurasi dan lakukan update dengan perintah:
$ sudo apt-get update


Langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi TCP/IP
Untuk mengkonfigurasi TCP/IP di ubuntu server, caranya dengan mengedit file                               /etc/network/interfaces, silahkan edit file /etc/network/interfaces dengan perintah:

 $ sudo nano /etc/network/interfaces


pada gambar di atas terlihat bahwa network interface yang aktif adalah eth0 dengan setingan dhcp, disini kita akan menambahkan network interface baru yaitu eth1 dengan setingan static. tambahkan perintah berikut.
 untuk melihat ip address yang sudah kita assign jalankan perintah ifconfig

 $ ifconfig



Pada bagian ini kita sidah melakukan konfigurasi awal seperti menambahkan repository local dan mengkonfigurasi IP Address pada ubuntu-server, selanjutnya kita akan melakukan installasi layanan-layanan pada Ubuntu Server seperti: DHCP Server, Web-Server, FTP-Server dll.

Untuk itu langkah selanjutnya adalah instal DHCP-Server (installasi DHCP-Server)

referensi :
http://krisnawanto777.blogspot.com/2014/02/membuat-jaringan-client-server-di.html



0 comments: