5 Jan 2014

Assalamualaikum.....

Jawab dulu dong salamnya, yang jawab ane doain masuk surga yang engga jawab ane doain masuk angin

Iseng-iseng posting ah hehe...........

oke langsung aja kali ini ane mau posting tentang mata kuliah jaringan komputer, pas banget kebetulan ane ada tugas buat Laporan praktikum Jarkom yaitu belajar routing langsung aja deh kita ke KTP eh salah TKP maksudnya hehe....

Studi Kasus:
Menghubungkan 6 buah workstation dengan 2 switch yang berbeda. Setiap 1 switch dihubungkan masing-masing 3 buah workstation.

Langkah-langkah:
Siapkan 6 buah workstation, 2 buah switch, dan 1 buah router kemudian sambungkan menggunakan kabel straight, seperti dipada gambar di bawah ini:
2. Lalu lakukan konfigurasi IP address host PC0, PC1, PC2 dengan cara double-klik gambar PC0, selanjutnya klik tab Desktop dan pilih bagian menu IP Configuration sehingga terlihat tampilan sesuai pada gambar dibawah ini:

             Keterangan  IP Menggunakan Kelas A:
1.Switch 0                                    2. Switch 1
PC0  : 120.31.45.1                           PC3 : 121.31.45.4
PC1 :  120.31.45.2                           PC4 : 121.31.45.5
PC2 : 120.31.45.3                            PC5 : 121.31.45.6

3.  Kemudian lakukan konfigurasi router dengan mengklik router, kemudian akan muncul sebuah                        tampilan konfigurasi, kemudian pilih config kemudian klik interface, dan akan muncul fastEthernet                  0/0 dan fastEthernet 0/1,

      4.  Pada fasthEthernet 0/0 isikan IP addresnya hal yang sama juga dilakukan kepada fathEthernet                       0/1, seperti pada gambar dibawah ini:


5. Kemudian exit konfigurasi router, selanjutnya kita masukkan default gateway pada setiap workstation           agar dapat terhubung dengan workstation yang berbeda switch, caranya masuk ke tempat untuk                   meeting konfigurasi ip addres, setelah di bawah IP Addres terdapat kolom Default Gateway,                         kemudian kita isi default gatewaynya dengan IP addres pada router dengan fastEthernet 0/1 lakukan             pada semua workstation, tetapi untuk workstation dengan switch 1 isi dengan IP addres yang telah               disetting pada dastEthernet 0/0, contoh seperti gambar berikut:


6. Setelah selesai member default gateway selanjtnya kita on kan port status pada setiap port pada router, caranya klik router kemudian akan masuk tampilan konfigurasi, , kemudian pilih config kemudian klik interface, dan akan muncul fastEthernet 0/0 dan fastEthernet 0/1. Kemudian klik fastEthernet 0/0 kemudian kita klik checkbox on pada port status. Bias di lihat tampilan seperti gambar di bawah ini:


7. Setelah itu close, kemudian kita cek apakah sudah saling terkoneksi atau belum, caranya mengklik gambar surat/pesan pada menu sebelah kanan, kemudian coba lakukan peengecekkan dengan mengklik surat itu dari sipa dan untuk siapa. Contoh seperti gambar dibawah:


8.  Untuk melihat sukses atau tidak lihat di bawah, seperti gambar berikut:



Selesai deh......
Terima kasih 

Wassalamualaikum wr,wb
  


1 comments:

Unknown mengatakan...

nice blog gaan..