20 Mar 2013


           Pada jaman sekarang ini banyak orang menggunakan internet untuk melakukan berbagai aktivitas. Di dalam membuka suatu situs di internet mungkin tentunya kita harus mengetahui alamat webnya, contohnya ketika kita ingin membuka google kita harus mengetikkan www.google.com. Mungkin sebagian orang bertanya apa itu www?, pada postingan kali ini akan membahas tentang www.

            www adalah bagian dari internet, tetapi sebagian orang akan menganggap sebagai internet secara keseluruhan, pengertian www yaitu suatu ruang informasi yang digunakan oleh suatu pendeteksi global yang dinamakan URL atau Uniform Resource Identifier yang berfungsi sebagai pengidentifikasi sumber daya yang berguna.  Kepanjangan dari ww merupakan Worls Wide Web atau dalam bahasa indonesianya ‘Jaringan dunia raya’. Terdapat pengertian lain dari www yaitu sebagai salah satu fasilitas di internet yang menawarkan kecanggihan dan kemudahan.

            WWW juga dikatakan sebagai suatu kelompok multimedia yang terhubung dengan link-link yang mengarah pada suatu halaman atau dokumen. Link-link tersebut dapat berupa hypertext link, jadi yang dimaksud adalah bahwa kita dapat mengakses dokumen atau informasi.WWW juga bias dikatakan suatu informasi yang berupa file computer yang disimpan dan selanjutnya diambil menggukanan cara atau metode menentukan alamat yang unik dan diakses melalui internet.

            Sejarah WWW dari berbagai sumber menjelaskan bahwa www berasal dari suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991.  Berners-Lee awalnya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya, kemudian beliau mengembangkan suatu system untuk keperluan pribadi. Kemudian dia pun menciptakan suatu system yaitu berupa program piranti lunak yang diberi nama Equire, dan akhirnya Berners berhasil menciptakan jaringan terkait antara berbagai arsip sehingga memudahkan informasi yang dibutuhkan. Kemudian inilah yang menjadi dasar dari sebuah revolusi yang dikenal sebagai web.

            Fungsi dari WWW adalah menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama-sama. Jadi dengan adanya WWW di internet memungkinkan pmakai internet lebih mudah dan cepat mendapatkan dan menampilkan informasi di manapun.

            WWW sebenarnya merupakan kumpulan dokumen yang tersimpan di dalam web server. Dokumen-dokumen itu di simpan dalam format HTML(Hypertext Markup Language). Untuk mengakses dan menampilkan dokumen WWW pemakai internet harus menggunakan aplikasi yang disebut dengan web browser.

            Jadi, WWW mrupakan suatu bagian dari internet, yang didalamnya terdapat dokumen-dokumen yang saling bertautan yang tersimpan dalam web server. Dengan WWW kita dapat mendapatkan informasi dengan mudah dan cepat.


Referensi Web:
http://internet.artikel2.com/pengertian-www.htm

Dafrtar Pustaka:
Darma, Jarot S., Shenia A (2009). Buku Pintar Menguasai Internet. Media Kita. ISBN 979-794-172-8.
Yuhefizar (2008). 10 Jam Menguasai Internet, Teknologi & Aplikasinya + CD. Elex Media Komputindo. ISBN 978-979-27-3470-6.



2 comments:

Unknown mengatakan...

thanks gan :D

Unknown mengatakan...

thanks gan :d