10 Jun 2015

Setelah kita menginstal ftp-server selanjutnya kita akan melakukan installasi SSH (Secure Shell). Apa itu SSH?, SSH (Secure Shell) adalah protocol jaringan yang memungkinkan pertukaran data melalui saluran aman antara dua perangkat jaringan. Terutama banyak digunakan pada sistem berbasis Linux dan Unix untuk mengakses akun shell. SSH dirancang sebagai pengganti Telnet dan shell remote taka man lainnya, yang mengirim informasi, terutama kata sandi, dalam bentuk teks sederhana yang membuatnya mudah untuk dicegat. Enkripsi yang digunakan oleh SSH menyediakan kerahasiaan dan integritas data  melalui jaringan yang tidak aman seperti internet.



SSH adalah aplikasi remote login seperti telnet, rsh, dn rlogin, yang jauh lebih aman. Dikembangkan pertmakali oleh OpenBSD project dan kemudian versi rilis p (port) di-manage oleh team porting ke sistem operasi lainnya, termasuk sistem operasi Linux. Fungsi utama aplikasi ini adalah mengakses mesin secara remote. Bentuk akses remote yang bisa diperoleh adalah akses pada mode teks maupun grafis/X apabila konfigurasinya mengijinkan. Scp yang merupakan anggota keluarga ssh adalah pengganti rcp yang aman, keluarga lainnya adalah sftp sebagai pengganti ftp.

Dengan SSH, semua percakapan antara server dank lien di-enkripsi. Artinya, apabila percakapan tersebut disadap, penyadap tidak mungkin memahami isinya. Bayangkan seandainya anda sedang melakukan maintenance server dari jauh, tentunya dengan account yang punya hak khusus, tanpa setahu anda account dan password tersebut disadap orang lain, kemudian server anda diobrak-abrik setelahnya.

Installasi SSH(Secure Shell)

Untuk installasi SSH di ubuntu Server ketikkan perintah dibawah ini pada terminal:

$ sudo apt-get install openssh-server


Kemudian Copy file ssh_config dengan perintah
$ sudo cp /etc/ssh_config  /etc/ssh/sshd_config.original
$  sudo chmod a-w /etc/ssh/sshd_config.original


Kemudian edit file sshd_config yang berada pada direktori /etc/ssh/sshd_config, caranaya dengan mengetikkan perintah :
$ sudo nano /etc/ssh/sshd_config

Kemudian saya merubah port nya menjadi port 2222 yang awal default port adalah port 22.

Kemudian save konfigurasinya, kemudian lakukan restar SSH dengan mengetikkan perintah :
$ sudo /etc/init.d/ssh restart

Selanjutnya kita akan lakukan pengetesan menggunakan program putty dari computer client, sebelumnya anda bisa download terlebih dahulu program putty, setelah terindtall kemuadian buka program putty nya kemudian masukkan ip Address ubuntu server dan masukkan portnya menjadi 2222 kemudian klik open


Maka nanti akan muncul tampilan dibawah ini, anda akan dimintai masukkan username dan password root anda:

jika ada tampilan seperti ini klik yes.








Next
This is the most recent post.
Posting Lama

0 comments: