15 Jan 2012

Kemajemukan masyarakat Indonesia bukan hanya terdapat pada keanekaragaman corak kesukubangsaan dan kebudayaannya secara horizontal, tetapi juga secara vertikal atau jenjang menurut kemajuan ekonomi, teknologi, dan organisasi sosial-politiknya.Terkait dengan hal ini, maka keanekaragaman suku bangsa dan budaya yang terdapat di Indonesia dapat dilihat sebagai sebuah potensi kekuatan sosial yang mampu menciptakan landasan persatuan dan kesatuan nasional. Namun di sisi lain, juga dapat menimbulkan potensi terjadinya konflik yang tidak mampu dideteksi sedini mungkin karena sifatnya yang cepat membesar dan semakin luas, sehingga pada akhirnya akan mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.
jaman sekarang banyak konflik perpecahan yang terjadi di masyarakat,   pertama saya ingin membahas apa sih pertentangan sosial, merupakan konflik yang terjadi di masyarakat yang menimbulkan perpecahan di masyarakat, misalnya perbedaan ras, agama, wilayah, bahkan politik. banyak sekali sekarang perpecahan yang tercadi di kalangan masyarakat padahal kita merupakan warga Indonesia yang kita tahu memiliki ragam adat istiadat, ras, budaya, dan agama. Apa dih factor yang menyebabkan terjadinya pertentangan social atau konflik social Adanya perbedaan pendapat, pandangan, pendirian dan perbedaan.
Adanya perbedaan budaya, kepribadian individu dengan individu lainnya sangat tergantung dari pola-pola kebudayaan dan kelompoknya, keadaan tersebut dapat menyebabkan pertentangan antar mereka.Adanya perbedaan kepentingan, perbedaan kepentingan antar individu maupun kelompok merupakan salah satu sumber pertentangan. Adanya perubahan sosial, perubahan sosial yang berlangsung sangat cepat.
Kita tahu bahwa Indonesia merupakan Negara yang mempunyai Negara yang mempunyai keanekaragaman. Di smping itu Indonesia mempunyai golongan-golongan yang berbeda di masyarakat, hal ini yang dapat menimbulkan pertentangan social, khusunya Agama, di Indonesia Agama mempunyai beberapa golongan. Jadi rentan akan pertentangan social. Untuk menghindari pertentangan social memerlukan integritasi Masyarakat, yaitu sebuah proses penyesuaian atau penyelarasan berbagai unsur-unsur yang berbeda dalam masyarakat tersebut sehingga tercipta kerukunan dan pola kehidupan masyarakat yang selaras dalam kemajemukan.






0 comments: