18 Mar 2012


ILMU BUDAYA DASAR
IBD merupakan salah mata kuliah di universitas gunadarma, apa sih itu IBD? , itu merupakan singkatan dari Ilmu Budaya Dasar, Ilmu budaya dasar adalah ilmu atau pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan tentang dasar kebudayaan, atau bisa dikatakan ilmu yang mempelajari dasar-dasar kebudayaan. Ilmu budaya dasar merupakan ilmu yang tanpa kita sadari telah sangat melekat dalam kehidupan kita, baik secara individual, dalam keluarga, maupun dalam masyarakat luas. Namun banyak yang tidak menyadari, sehingga penerapan dalam kehidupan sehari-hari sangat kurang. Ilmu budaya dasar pada hakikatnya sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari, budaya dasar sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari karena akan membuat kita lebih memahami berbagai aturan-aturan atau norma masyarakat sehingga tercipta hubungan harmonis antar manusia. Atau bisa di katakanIlmu Budaya Dasar Merupakan Pengetahuan Tentang Perilaku Dasar-Dasar Dari Manusia. Unsur-unsur kebudayaan
1. Sistem Religi/ Kepercayaan
2. Sistem organisasi kemasyarakatan
3. Ilmu Pengetahuan
4. Bahasa dan kesenian
5. Mata pencaharian hidup
6. Peralatan dan teknologi

Tujuan mempelajari IBD(Ilmu Budaya dasar) salah satunya dalah untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa yaitu dengan cara memperluas wawasan pemikiran khususnya terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya maupun diri sendiri. Jadi dengan kata lain tujuan mempelajari IBD di dalam perkuliahan adalah untuk mengembangkan kepribadian dan wawasan pemikiran mahasisawa, khususnya tentang kebudayaan.
3 Kelompok Ilmu Pengetahuan pada dasar pengelompokan ilmu pengetahuan dapat dikelompokan menjadi tiga yaitu adalah Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Ilmu Pengetahuan Budaya. IPA sebagaimana kita ketahuai ialah merupakan ilmu pasti atau bisa juga ilmu yang mempelajari tentang bumi dan segala isinya secara pasti. IPS merupakan ilmu social yang mempelajari hubungan antar manusia. Sedangkan Ilmu Pengetahuan Budaya ialah ilmu yang mempelajari tentang kebudayaan.



0 comments: