4 Nov 2011


Di tulisan ini saya akan menulis tentang sosialisasi pemuda zaman sekarang. Pertama kita harus mengetahui siapi sih pemuda?, Pemuda merupakan masa depan bangsa atau generasi penerus sebuah bangsa yang nantinya di tangan merekalah nasib suatu bangsa. Jadi peran pemuda adalah membangun masa depan suatu bangsa. Memang itu sudah menjadi kenyataan yang harus dihadapi oleh para pemuda. Jadi marilah kita menjadi pemuda yang di inginkan oleh  banyak orang yang nantinya akan membangun sebuah bangsa yang adil, makmur, dan sejahtera.
Tetapi pada kenyataannya pada saat ini saya melihat pemuda sekarang semangatnya sudah mulai redup, beda halnya dengan pemuda jaman penjajahan yang tak kenal waktu yang selalu berjuang dengan penuh semangat biarpun jiwa raga menjadi taruhannya. Indonesia merdeka berkat pemuda-pemuda Indonesia yang berjuang seperti Ir. Sukarno, Moh. Hatta, Sutan Syahrir, Bung Tomo dan lain-lain dengan penuh mengorbankan dirinya untuk bangsa dan Negara.mungkin pemuda sekarang terpengaruhi oleh arus globalisasi, boleh saja kita mengikuti arus globalisasi  namun itu harus yang berdampak positif.pemuda sekarang lebih sedikit peranannya sebagai kelompok social bahkan mereka lebih peranannya sebagai kelompok politik.
Peranan pemuda dalam sosialisi bermasyrakat sungguh menurun dratis, dulu bisanya setiap ada kegiatan masyarakat seperti kerja bakti, acara-acara keagamaan, adat istiadat biasanya yang berperan aktif dalam menyukseskan acara tersebut adalah pemuda sekitar. Pemuda sekarang lebih suka dengan kesenangan, selalu bermain-main dan bahkan ketua RT/RW nya saja dia tidak tahu.
Pemuda sekarang jaman sekarang kurang bersosialisai dalam masyarakat. Apa sih sosialisasi?, Sosialisasi adalah proses yang membantu individu melalui media pembelajaran dan penyesuaian diri, bagaimana bertindak dan berpikir agar ia dapat berperan dan berfungsi, baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat. Selaku pemuda kita di tuntut untuk perperan aktif dalam sosialisasi masyarakat contohnya seperti ikut dalam suatu oraganisasi pemuda. Jadi masyarakat sangat mengharapkan kepada pemuda agar menyokong perubahan dan pembaharuan bagi masyarakat dan negara.
Contoh sosialisasi yaitu dengan ikut organisasi, contohnya adalah misalnya dengan ikut dalam Organisasi di dalam sekolah yaitu OSIS yaitu organisasi yang terdapat di dalam ruang lingkup sekolah. OSIS sebagai suatu organisasi memiliki pola beberapa peranan atau fungsi dalam mencapai tujuan. OSIS akan tampil sebagai penggerak apabila para pembina, pengurus mampu membawa OSIS selalu dapat menyesuaikan dan memenuhi kebutuhan yang diharapkan, yaitu menghadapi perubahan, memiliki daya tangkal terhadap acanaman, memanfaatkan peluang dan perubahan, dan yang paling penting memberikan kepuasan kepada anggota. Dengan bahasa manajemen OSIS mampu memainkan fungsi intelektual, yaitu mampu meningkatkan keberadaan OSIS baik secara internal maupun eksternal. Apabila OSIS dapat berfungsi demikian sekaligus OSIS berhasil menampilkan peranannya sebagai motivator. Di dalam osis kita akan belajar berorganisasi di dalam masyarakat yang nantinya akan membawa perubahan.
Jadi pemuda itu harus bersosialisasi contohnya dengan ikut organisasi. Karena dengan mengikuti organisasi pemuda akan belajar bertanggung jawab. Dengan penuh harapan moga pemuda-pemudi dan generasi penerus harapan bangsa dapat menjelma menjadi sukarno-sukarno masa depan dengan samangat juang yang tinggi. Sebagai motor perjuangan bangsa.


0 comments: