21 Okt 2011


Penduduk, Masyarakat , dan kebudayaan mempunyai hubungan yang erat antara satu sama lain. Penduduk merupakan sekumpulan manusia yang menempati suatu wilayah geografi tertentu, sedangkan masyarakat sekumpulan penduduk yang saling berinteraksi dalam suatu wilayah tertentu dan terikat oleh peraturan-peraturan yang berlaku di dalam wilayah tertentu. Kebudayaan sendiri berarti hasil karya manusia untuk melangsungkan ataupun melengkapi kebutuhan hidupnya yang kemudian menjadi sesuatu yang melekat dan menjadi ciri khas dari pada manusia ( masyarakat ) tersebut.Masyarakat tersebutlah yang menciptakan suatu kebudayaan baik dari nenek moyang maupun kebudayaan baru yang tumbuh dari masyarakat seiring dengan berjalannya waktu. Oleh karena itu penduduk, masyarakat dan kebudayaan tidak dapat dipisahkan karena saling ketergantungan. Masyarakat dan kebudayaan terus berkembang dari masa ke masa.
Pada zaman sekarang malam mingguan merupakan sebuah kebudayaan khususnya untuk kaum muda. Kebiasaan yang terjadi setiap malam Minggu ini telah menjadi budaya tersendiri di benak masyarakat sebenarnya menurut saya malem minggu dengan malam yang lainnya sama saja. Memang malam minggu adalah malam yang sangat dinanti. Apalagi untuk kita yang masih muda. Pengen ke mall-lah, pengen jalan-jalan lah, pokoknya udah banyak kegiatan, ada di pikiran kita. Hanya untuk menghabiskan waktu berakhir pekan. Memang benar, perayaan weekend susah banget dilupain apalagi untuk kaum muda zaman sekarang. Pasti setiap malam minggu jalanan kota terasa sangat ramai memang tidak bisa dipungkiri malam minggu merupakan salah satu budaya masyarakat zaman sekarang. Bahkan budaya malam minggu atau yang biasa disebut dengan istilah malming tidak hanya kaum muda saja, kaum tua pun juga malam mingguan bahkan anak-anak.
Mungkin kita merasa senang ketika malam mingguan bisa kumpul dengan teman ataupun pacar walaupun kita tahu detik demi detik waktu kita ke buang begitu sia-sia, memang tak ada larangan untuk bermalam mingguan asalkan malam mingguan itu bernilai positif. Tetapi kenyataannya jaman sekarang orang bermalam mingguan hanya untuk membuang-buang waktu, padahal kita disuruh untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.
Seharusnya, kita sudah mulai berpikir saat ini juga, tentang siapa kita, untuk apa kita di dunia, dan akan kemana kita setelah meninggal nanti. Tentunya ga cukup dengan sekedar menjawab tiga pertanyaan tadi saja. Tapi juga butuh realisasi. Artinya tidak cukup, kalo kita hidup di dunia hanya sekedar bersenang-senang aja. Kita juga kudu mempersiapkan bekal kita untuk menghadap Allah SWT kelak. kalo masa muda kita banyak difokusin ke perayaan malam mingguan, mau jadi apa neh di akhirat nanti?,
 jadi menurut saya malem mingguan sudah menjadi kebiasaan bahkan menjadi kebudayaan, Boleh saja kita malam mingguan tetapi jangan sering di lakukan karena itu hanya membuang waktu kita dengan sia-sia padahal masih banyak yang harus kita cari untuk masa depan dan ingat kita harus memanfaatkan waktu kita sebaik mungkin.

0 comments: