Pengertian E-Business
Terdapat
banyak pengertian dari e-business di antaranya adalah E-business adalah
praktek pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama seperti perancangan
produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan
pesanan, dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi,
komputer, dan data yang telah terkomputerisasi. (Steven Alter.
Information System: Foundation of E-Business. Prentice Hall. 2002).
1. E-business
meliputi semua hal yang harus dilakukan menggunakan teknologi informasi dan
komunikasi (ICT) untuk melakukan kegiatan bisnis antar organisasi maupun dari
organisasi ke konsumen. (Sid L. Huff, dkk. 2000. Cases in Electronic Commerce.
McGraw-H
2. Penggunaan internet
dan teknologi digital lainnya untuk komunikasi, koordinasi, danmanajemen
organisasi. (Kenneth C. Laudon dan Jane P. Laudon. 2001. Esssentials of
Management Information Systems: Organization and Technology in Networked
Enterprise. Prentice Hall)
3. Definisi
e-business menurut IBM adalah sebuah pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi untuk memberikan nilai bisnis yang berbeda dengan mengkombinasikan
sistem dan proses yang menjalankan operasi bisnis utama dengan pemanfaatan
teknologi internet. (Christoper Stoole. 2000. E-business – Just What is It? http://ebusiness.about.com/industry)
4. E-business
adalah mengenai penggunaan teknologi internet untuk melakukan transformasi
proses bisnis yang dilakukan. Bentuk e-business yang paling mudah terlihat
adalah pembelian barang secara online baik retail maupun grosir. (Samantha
Shurety.1999. E-business with Net.Commerce. Prentice Hall)
5. Menghubungkan
sistem teknologi informasi tradisional dengan internet akan menjadisebuah
e-business. (Daniel Amor. 2000. The E-business Revolution. Prentice Hall)
6. E-business
adalah mengelola bisnis di internet yang terkait dengan pembelian, penjualan,
pelayanan terhadap konsumen, dan kolaborasi antar rekan bisnis. Istilah
e-business pertama kali digunakan salah satunya oleh IBM pada tahun 1997.
(SearchCIO.com)
Berdasarkan beberapa
definisi e-bisnis yang dikemukakan di atas, kita dapat menggabungkannya ke
dalam suatu definisi e-business yang utuh dengan melihat kesamaan dari setiap
definisi tersebut dan menggabungkannya. Kesamaan tersebut dapat kita lihat dari
beberapa sudut pandang, yaitu pelaku e-business, alat atau media atau sumber
daya yang digunakan, objek atau kegiatan yang menjadi sasaran, tujuannya, dan
keuntungan yang diberikan. Hasilnya sebagai berikut:
Pelaku E-Business : Organisasi,
konsumen, perusahaan, supllier, pekerja, rekan bisnis
Alat/Media/Sumber
Daya yang Digunakan
- Teknologi informasi dan komunikasi
- Komputer,
- data yang telah terkomputerisasi
- internet
Kegiatan Sasaran
- Kegiatan bisnis
- Proses bisnis utama
- Pembelian, penjualan,pelayanan, transaksi
- Operasi bisnis utama
Tujuan
- Koordinasi, Komunikasi, dan Pengelolaan organisasi
- Transformasi proses bisnis
- Sharing informasi
- Keuntungan
- Pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi
- Memberikan nilai bisnis yang berbeda
- Efisien
- Peningkatan produktivitas dan keutungan
Dengan demikian, maka akan dengan mudah
mendefinisikan e-bisnis dalam satu arti utuh,yaitu:E-bisnis adalah penggunaan teknologi
informasi dan komunikasi oleh organisasi, individu,atau pihak-pihak terkait
untuk menjalankan dan mengelola proses bisnis utama sehinggadapat memberikan
keuntungan—dapat berupa berupa keamanan, fleksibilitas,
integrasi,optimasi, efisiensi, atau/dan peningkatan produktivitas dan profit.
0 comments:
Posting Komentar