- Pertama untuk membuat blender kita membutuhkan objek cilynder tampilannya seperti dibawah ini , caranya tekan shift+A kemudian pilih cylinder
- Selanjutnya itu kita masuk ke edit mode, dengan menekan tab maka silinder tersebut akan berubah warnanya menjadi orange.
3. Setelah itu kita klik kanan pada bagian permukaan cylinder
untuk menghapus bagian permukaan cylinder tampilannya seperti dibawah ini :
4. Selanjutnya kita buat agar cilynder tersebut menjadi tebal
dengan merubah bagian modifier kemudian kita pilih solidify seperti dibawah ini
:
5. Kemudian kita rubah ukuran tabel menjadi 2.0 seperti dibawah
ini :
6. Setelah
atur ketebalannya , tekan tab lagi
untuk kembali ke object mode, lalu tekan apply pada
modifier, setelah itu silinder akan berubah menjadi lebih tebal seperti gambar
diatas. Kemudian kita masuk kembali ke edit mode dengan menekan tab lalu ubah sudut pandang
kita menjadi front-ortho dengan menekan angka 1 lalu 5 di numpad. Setelah atur
ketebalannya , tekan tab lagi
untuk kembali ke object mode, lalu tekan apply pada
modifier, setelah itu silinder akan berubah menjadi lebih tebal seperti gambar
diatas. Kemudian kita masuk kembali ke edit mode dengan menekan tab lalu ubah sudut pandang
kita menjadi front-ortho dengan menekan angka 1 lalu 5 di numpad.
7. Setelah sudah kita buat segment pada silinder tersebut, kita
pilih face select mode (bagian yang
dilingkar merah) agar silinder tersebut terlihat titik – titik pada bagian
sisinya (lihat gambar dibawah ini) :
8. Langkah selanjutnya adalah kita akan membuat handle pada mug
tersebut, caranya shift + klik kanan pada titik yang ada
pada silinder tersebut (lihat gambar dibawah) :
9. Setelah itu untuk membuat titik tersebut keluar , kita akan
menggunakan teknik extrude. Untuk mengextrude kita tekan E lalu geser mouse sesuai
dengan keinginan kita seberapa panjang handle yang diinginkan (lihat gambar
dibawah) :
10. Kemudian tekan CTRL+R pada handle gagang gelas untuk membuat
gagang gelas tersebut pampilannya seperti dibawah ini :
11. Kemudian kita rubah kembali settingan gelas tersebut kedalam
bentuk face select mode tampilannya
seperti dibawah ini :
12. Selanjutnya kita buat ujung handle gelas atau mug dengan
shift tersebut kemudian tarik dengan menekan E seperti dibawah ini :
13. Selanjutnya setelah jadi dalam bentuk gelas seperti diatas
kita ubah tampilan gelas tersebut dengan menekan tab setelah itu kita klik Smooth
yang ada di sebelah kiri layar yang sudah saya lingkari tampilannya seperti
dibawah ini :
14. Selanjutnya kita akan merubah handle dari gelas atau mug
yang kelihatan kaku agar lebih bagus dengan mengklik modifier pilih subdivision surface tampilannya
seperti dibawah ini :
15. Selanjutnya kita rubah view = 3 dan render = 3 (dilingkar
merah) :
16. Selanjutnya untuk member warna pada gelas kita pilih
material yang ada pada bagian kanan layar.tampilannya seperti dibawah ini (yang
sudah saya lingkari) :
17. Perhatikan pada bagian kanan ,selanjutnya kita klik bagian
defuse untuk merubah warna seperti dibawah ini (yang sudah saya lingkari ) Kemudian kita rubah warna dari gelas tersebut tampilannya
seperti gambar dibawah ini :
0 comments:
Posting Komentar