15 Jan 2014

  1. Pertama untuk membuat blender kita membutuhkan objek cilynder tampilannya seperti dibawah ini , caranya tekan shift+A kemudian pilih cylinder
  2. Selanjutnya itu kita masuk ke edit mode, dengan menekan tab maka silinder tersebut akan berubah warnanya menjadi orange.


3. Setelah itu kita klik kanan pada bagian permukaan cylinder untuk menghapus bagian permukaan cylinder tampilannya seperti dibawah ini :


4. Selanjutnya kita buat agar cilynder tersebut menjadi tebal dengan merubah bagian modifier kemudian kita pilih solidify seperti dibawah ini :

5. Kemudian kita rubah ukuran tabel menjadi 2.0 seperti dibawah ini :


6. Setelah atur ketebalannya , tekan tab lagi untuk kembali ke object mode, lalu tekan apply pada modifier, setelah itu silinder akan berubah menjadi lebih tebal seperti gambar diatas. Kemudian kita masuk kembali ke edit mode dengan menekan tab lalu ubah sudut pandang kita menjadi front-ortho dengan menekan angka 1 lalu 5 di numpad. Setelah atur ketebalannya , tekan tab lagi untuk kembali ke object mode, lalu tekan apply pada modifier, setelah itu silinder akan berubah menjadi lebih tebal seperti gambar diatas. Kemudian kita masuk kembali ke edit mode dengan menekan tab lalu ubah sudut pandang kita menjadi front-ortho dengan menekan angka 1 lalu 5 di numpad.
 
7. Setelah sudah kita buat segment pada silinder tersebut, kita pilih face select mode (bagian yang dilingkar merah) agar silinder tersebut terlihat titik – titik pada bagian sisinya (lihat gambar dibawah ini) :

8. Langkah selanjutnya adalah kita akan membuat handle pada mug tersebut, caranya shift + klik kanan pada titik yang ada pada silinder tersebut (lihat gambar dibawah) :

9. Setelah itu untuk membuat titik tersebut keluar , kita akan menggunakan teknik extrude. Untuk mengextrude kita tekan E lalu geser mouse sesuai dengan keinginan kita seberapa panjang handle yang diinginkan (lihat gambar dibawah) :

10. Kemudian tekan CTRL+R pada handle gagang gelas untuk membuat gagang gelas tersebut pampilannya seperti dibawah ini :

11. Kemudian kita rubah kembali settingan gelas tersebut kedalam bentuk face select mode tampilannya seperti dibawah ini :

12. Selanjutnya kita buat ujung handle gelas atau mug dengan shift tersebut kemudian tarik dengan menekan E seperti dibawah ini :

13. Selanjutnya setelah jadi dalam bentuk gelas seperti diatas kita ubah tampilan gelas tersebut dengan menekan tab setelah itu kita klik Smooth yang ada di sebelah kiri layar yang sudah saya lingkari tampilannya seperti dibawah ini :

14. Selanjutnya kita akan merubah handle dari gelas atau mug yang kelihatan kaku agar lebih bagus dengan mengklik modifier pilih subdivision surface tampilannya seperti dibawah ini :
15. Selanjutnya kita rubah view = 3 dan render = 3 (dilingkar merah) :
16. Selanjutnya untuk member warna pada gelas kita pilih material yang ada pada bagian kanan layar.tampilannya seperti dibawah ini (yang sudah saya lingkari) :

17. Perhatikan pada bagian kanan ,selanjutnya kita klik bagian defuse untuk merubah warna seperti dibawah ini (yang sudah saya lingkari )  Kemudian kita rubah warna dari gelas tersebut tampilannya seperti gambar dibawah ini :

0 comments: