Secara harafiah jika diartikan kata per kata desain
permodelan grafik terdiri dari tiga, desain berarti kerangka bentuk atau
rancangan, kemudian pemodelan yang diambil dari kata dasar model berarti pola
(contoh, acuan, ragam, dsb) dr sesuatu yg akan dibuat atau dihasilkan dan dapat
juga diartikan sebagai barang tiruan yg kecil dng bentuk (rupa) persis spt yg
ditiru, dan yang terakhir adalah grafik, dapat diartikan sebagai lukisan pasang
surut suatu keadaan dng garis atau gambar, tetapi dalam hal ini grafik yang
dimaksud adalah grafik komputer yakni bagian dari ilmu komputer yang berkaitan
dengan pembuatan dan manipulasi gamabar secara digital.
Jadi Desain Pemodelan Grafik adalah membuat
atau merancang gambar atau suatu benda baik 2D atau 3D dengan beberapa tahapan
sehingga menjadi sebuah objek atau grafik yang menggunakan software atau
perangkat lunak computer.
Kegiatan yang berkaitan dengan Desain Grafik ;
1. Pemodelan Geometris
2. Rendering
3. Animasi
4. Graphics Library
5. Application program mematakan objek aplikasi ke
tampilan/citra dengan memanggil
Graphics library
6. Hasil dari interaksi user menghasikalkan citra
7. Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, desain,
manufaktur, visualisasi dll.
Vektor
vektor disusun oleh objek geometris berdasarkan perhitungan matematis. Vektor
tidak bergantung kepada resolusi gambar sehingga jika gambar vektor dibesarkan
(zoom in) ataupun dikecilkan (zoom out) tidak akan mengalami kerusakan
(blur).ukuran penyimpanan pada vektor relatif kecil sehingga vektor cocok untuk
logo dan jenis desain yang mengandalkan kesederhanaan bentuk. Format
penyimpanan pada vektor bisa berupa AI, CDR, FH ataupun EPS. Kelebihan grafik
vektor antara lain yaitu ruang penyimpanan untuk objek gambar lebih efisien,
objek gambar vektor dapat diubah ukuran dan bentuknya tanpa menurunkan mutu
tampilannya, dapat dicetak pada resolusi tertingi printer anda, menggambar dan
menyunting bentuk vektor relatif lebih mudah dan menyenangkan. Sedangkan kekurangan
grafis vektor yaitu tidak dapat menghasilkan objek gambar vektor yang prima
ketika melakukan konversi objek gambar tersebut dari format bitmap. Program
yang digunakan adalah CorelDraw, Adobe Illustrator, dan Macromedia Freehand.
Bitmap
Bitmap disusun oleh objek yang disebut pixel. Bitmap bisa juga disebut sebagai
raster. Bitmap sangat bergantung kepada resolusi gambar sehingga jika mengalami
perbesaran atau perkecilan gambar akan blur (jika melewati batas toleransi
tampilan). Bitmap digunakan untuk gambar yang kompleks seperti foto hasil
bidikan kamera sehingga ukuran penyimpanan bitmap relatif besar. Format
penyimpanan pada bitmap yaitu PSD, TIF, JPEG, GIF, BMP. Kelebihan grafik bitmap
antara lain yaitu dapat ditambahkan efek khusus tertentu sehingga dapat membuat
objek tampil sesuai keinginan, dapat menghasilkan objek gambar bitmap dari
objek gambar vektor dengan cara mudah dan cepat, mutu hasilnya pun dapat
ditentukan. Sedangkan kelemahan nya yaitu objek gambar tersebut memiliki
permasalahan ketika diubah ukurannya, khususnya ketika objek gambar diperbesar,
efek yang diidapat dari objek berbasis bitmap yakni akan terlihat pecah atau
berkurang detailnya saat dicetak pada resolusi yang lebih rendah. Software yang
digunakan adalah Adobe Photoshop, Corel Photopaint, MS Paint.
Di bawah ini adalah beberapa software yang digunakan
dalam membuat desain grafis :
- Desktop publishin
- Adobe Phoshop
- Adobe Ilustrator
- Adobe Indesign
- Coreldraw
- GIMP
- Inkscape
- Adobe Freehand
- Adobe Image ready
- Web Design
- Adobe Dreamweaver
- Microsoft Frontpage
- Notepad
- Adobe Photoshop
- Rendering 3 Dimensi
- 3D StudioMax
- Auto Cad
- Light wave
- Blender
Kesimpulan:
Desain pemodelan grafik adalah proses untuk
menghasilkan citra suatu objek baik dalam 3D maupun 2D, dengan tujuan untuk
memahami desain grafis sebagai alat penyampai pesan yang estetis, komunikasi
dan efisien dalam konteks media sehingga pada kenyataannya dapat diterapkan
untuk berbagai bidang diantaranya adalah seni, kewirausahaan, marketing, dan
advertising.
Sumber:
0 comments:
Posting Komentar