19 Mar 2012


Manusia dan kebudayaan mempunyai hubungan yang sangat erat, mereka tidak dapat di pisahkan satu sama lain karena mereka merupakan sebuah ikatan, kebudayaan diciptakan oleh manusia yaitu makhluk tuhan yang paling sempurna, dan manusia juga yang melestarikan kebudayaannya. Budaya itu tercipta dalam kehidupan kita sehari-hari dan dari kejadian yang sudah di atur yang Maha Kuasa.
Budaya tercipta karena interaksi antara manusia dengan segala isi yang ada di dalam jagat raya ini. Manusia di ciptakan tuhan dan dibekali akal fikiran untuk mengembangkan segala dari isi bumi ini dan berkarya.  Selain akal fikiran manusia juga memiliki intelegensi, intuisi, perasaan, emosi, kemauan, fantasi, dan perilaku, dengan kemampuan yang dimiliki manusia maka manusia dapat menciptakan kebudayaan. Jadi manusia dan kebudayaan tidak dapat dipisahkan. Kebudayaan adalah produk manusia, begitu juga dengan manusia merupakan produk kebudayaan , jadi kebudayaan itu ada karena manusia yang menciptakannya dan manusia dapat hidup di tengah kebudayaan. Manusia itu adalah pendukung kebudayaan, kebudayaan akan terus hidup manakala ada manusia sebagai pendukung.
Contoh hubungan manusia dan kebudayaan, tanpa adanya masyarakat kebudayaan tidak akan bisa dilestarikan. Bayanagkan apabila di suatu wilayah terdapat masyarakat yang kaya akan kebudayaan, namun diantara mereka tidak satupun memiliki kesadaran untuk melestarikan kebudayaan tersebut, maka budaya itu akan hilang begitu saja.
Banyak sekali unsure-unsur yang membangun manusia tapi dari sekian banyak unsure di klasifikasikan
menjadi 2 yaitu unsure rohani dan jasmani.  Manusia itu terdiri atas empat unsur yang saling berkaitan :
A.    Jasad, yaitu badan kasar manusia yang nampak, dapat diliat, dapat difoto, dapat dilihat dan menempati ruang dan waktu
B.     Hayat, yaitu mengandung unsur hidup yang ditandai dengan gerak
C.     Ruh, yaitu bimbingan dan pimpinan Tuhan, daya yang bekerja secara spiritual dan memahami kebenaran
D.    Nafs, dalam pengertian diri atau keakuan yaitu kesadaran akan diri sendiri

Manusia Sebagai Satu Kepribadian Mengandung Tiga Unsur :
a)   Id yang merupakan struktur kepribadian yang paling primitif dan paling tidak tampak. Id merupakan libido murni atau energi psikis yang menunjukkan ciri alami yang irrasional dan terkait dengan sex.
b) Ego merupakan bagian atau struktur kepribadian yang pertama kali dibedakan dari Id, berperan menghubungkan energi Id ke dalam saluran sosial yang dapat dimengerti oleh orang lain. Perkembangan ego terjadi antara usia satu dan udua tahun.
c)      Superego merupakan struktur kepribadian yang paling akhir, muncul kira-kira pada usia lima tahun. Dibandingkan dengan id dan ego, superego yang berkembang secara internal dalam diri individu, superego terbentuk dari lingkungan eksternal.

Manusia adalah makhlus social, manusia mempunyai hakekat dalam kehidupan ini, apa sih Hakekat Manusia :
1.      Mahluk ciptaan Tuhan yagn terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh
2.      Mahluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, jika dibandingkan denan mahluk lainnya
3.      ahluk biokultural yaitu mahluk hayati yagn budayawi
4.  Mahluk Ciptaan Tuhan yagn terkait dengan lingkungan, mempunyai kualitas dan martabat karena kemampuanbekerja dan berkarya

Sungguh sangat berbeda manusia dengan makhluk yang lain, bersyukurlah kita di ciptakan dalam bentuk manusia, karena manusia adalah makhluk paling sempurna, dan yang membedakan dengan makhluk lainnya manusia mempunyai akal dan fikiran sedangkan makhluk lain tidak.
Manusia merupakan makhluk social yaitu makhluk yang tidak bisa hidup tanpa makhluk lainnya, hal ini benar-benar dianut oleh bangsa timur khususnya Indonesia, sebagai bangsa timur Indonesia mempunya rasa toleransi dan rasa kebersamaan yang kuat sebagai kepribadian bangsa Indonesia. Dapat disimpulkan bahwa rata-rata bangsa timur mempunyai rasa toleransi dan kebersamaan yang kuat, tetapi jaman sekarang berbeda hal ini karena gampangnya terpengaruh orang timur oleh kebudayaan asing atau bangsa barat.








Bagan Psikososioram manusia        :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEisVVLyUO373tHu6bNdns_EM218ky21J8mB9y-Eg4BABXrm9TdslXdbhFD8Kbb6HZQx0nMIUrC3cMK97yTarkx9CQSAP4FeYoQY_Tyht0Kq7USGzMMSnvVt6I859XTYXdDbdmHgLMiqVuE/s1600/Bagan-Psiko-Sosiogram.jpg
Dari sebelumnya kita selalu mebicarakan tentang budaya, apa sih itu kebudayaan?
Kebudayaan merupakan suatu kebiasaan yang lahir ditengah-tengah manusia akibat interaksi setiap individu. Contohnya adalah membuang sampah pada tempatnya itu merupakan kebudayaan yang terjadi akibat interaksi manusaia dengan alam.
Terdapat 7 unsur Kebudayaan yaitu :
1.      unsur religi
2.      sistem kemasyarakatan
3.      sistem peralatan
4.      sistem mata pencaharian hidup
5.      sistem bahasa
6.      sistem pengetahuan
7.      seni

selain pengertian di atas, terdapat beberapa pengertian dari beberapa tokoh yaitu :

menurut Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism.
menurut Herskovits memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganic.
menurut Andreas Eppink, kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.
Menurut Edward Burnett Tylor, kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.
Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.
Terdapat perbedaan kedalam dua bentuk wujud yaitu :

·         Kebudayaan Material
Kebudayaan material mengacu pada penemuan-penemuan manusia yang nyata dan secara konkret, contohnya temuan yang di hasilkan dari suatu penggalian arkeologi.
·         Kebudayaan non material
Kebudayaan non material mengacu pada ciptaan-ciptaan yang di wariskan dari generasi ke generasi selanjutnya. Contohnya adalah dongeng, cerita rakyat, adat istiadat.

3 Wujud Kebudayaan menurut Dimensi :
Menurut J.J. Hoenigman, wujud kebudayaan dibedakan menjadi tiga: gagasan, aktivitas, dan artefak.

 Gagasan (Wujud ideal)
Wujud ideal kebudayaan adalah kebudayaan yang berbentuk kumpulan ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan, dan sebagainya yang sifatnya abstrak; tidak dapat diraba atau disentuh. Wujud kebudayaan ini terletak dalam kepala-kepala atau di alam pemikiran warga masyarakat. Jika masyarakat tersebut menyatakan gagasan mereka itu dalam bentuk tulisan, maka lokasi dari kebudayaan ideal itu berada dalam karangan dan buku-buku hasil karya para penulis warga masyarakat tersebut.

 
Aktivitas (tindakan)
Aktivitas adalah wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat itu. Wujud ini sering pula disebut dengan sistem sosial. Sistem sosial ini terdiri dari aktivitas-aktivitas manusia yang saling berinteraksi, mengadakan kontak, serta bergaul dengan manusia lainnya menurut pola-pola tertentu yang berdasarkan adat tata kelakuan. Sifatnya konkret, terjadi dalam kehidupan sehari-hari, dan dapat diamati dan didokumentasikan.

Artefak (karya)
Artefak adalah wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktivitas, perbuatan, dan karya semua manusia dalam masyarakat berupa benda-benda atau hal-hal yang dapat diraba, dilihat, dan didokumentasikan. Sifatnya paling konkret diantara ketiga wujud kebudayaan.

Dapat disimpulkan lagi bahwa manusia dan kebudayaan memamng tidak dapat di pisahkan. wujud kebudayaan dibedakan menjadi tiga: gagasan, aktivitas, dan artefak. Ketiga unsure tersebut tidak dapat di pisahkan satu sama lain.



0 comments: