23 Nov 2011

M
ASYARAKAT PERKOTAAN dan PEDESAAN
Kita sering mendengar jenis-jenis masyarakat, seperti masyarakat desa dan masyarakat kota. Jelas desa dan kota mempunyai mempunyai perbedaan baik secara fisik dan secara sosial. Ini menarik neh, membicarakan kehidupan masyarakat di perkotaan dan masyarakat di pedesaaan. Sebelumnya mari kita bahas dulu apa itu masyarakat. Masyarakat yaitu kelompok orang atau manusia yang telah cukup lama hidup dan bekerja sama, sehingga mereka ini dapat mengorganisasikan dirinya berpikir tentang dirinya dalam satu kesatuan sosial dengan batas-batas tertentu.
Pada mulanya masyarakat kota sebelumnya adalah masyarakat pedesaan, dan pada akhirnya masyarakat pedesaan tersebut terbawa sifat-sifat masyarakat perkotaan, dan melupakan kebiasaan sebagai masyarakat pedesaannya.Perbedaan masyarakat pedesaan dan masyarakat kota adalah bagaimana cara mereka mengambil sikap dan kebiasaan dalam memecahkan suata permasalahan.
A.Masyarakat Perkotaan
Pengertian masyarakat perkotaan lebih ditekankan pada sifat-sifat kehidupannya serta ciri-ciri kehidupannya yang berbeda dengan masyarakat pedesaan. Secara umum, masyarakat perkotaan sosialisasinya sudah berkurang dan kepribadiannya beragam. Apalagi bersosialisasi sangat kurang mereka sibuk akan kepentingan pribadinya. Dari segi kepribadiannya juga masyarakat kota lebih stress karena banyat pencapaian yang harus di capai dalam waktu tertentu. Pola interaksi masyarakat perkotaan lebih ke motif ekonomi, politik, pendidikan, dan terkadang hierarki dan bersifat vertikal serta individual. Rasa kepedulian antar sesama sangat kurang mereka lebih mementingkan pribadinya, padahal kepedulian antar sesame sangat penting di masyarakat karena masyarakat tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Pola solidaritas sosial masyarakat perkotaan terbentuk karena adanya perbedaan-perbedaan yang ada dalam masyarakat.mata pencaharian masyarakat perkotaan biasanya adalah wira usaha berbeda dengan pedesaan yang mata pencahariannya biasanya sebagai petani, nelayan.
B. Masyarakat Pedesaan
Masyarakat pedesaan namanya aja sudah pedesaan pasti kehidupannya tradisional tetapi zaman sekarang banyak masyarakat pedesaan yang sudah modern mungkin karena teknologi sudah canggih dan banyak masyarakat pedesaan yang kerja di kota oleh sebab itu agak terpengaruh oleh kehidupan modern, tetapi kalau di bandingkan dengan masyarakat perkotaan masyarakat pedesaan sosialisasinya tinggi walaupun tetangga mereka rumahnya jauh berbeda dengan masyarakat kota tetangga dekat saja tidak kenal padahal tetangga adalah saudara kita paling dekat. Masyarakat pedesaan mempunyai jiwa kekeluargaan yang tinggi, mereka contohnya jika terjadi sesuatu di desa mereka, mereka langsung bergotong royong untukmenyelesaikan masalah tersebut, dalam hal keuangan bisanya masyarakat pedesaan sangat tertutup, mungkin masih banyak lagi perbedaan kehidupan masyarakat pedesaan dan masyarakat perkotaan perbedaan ini muncul karena perbedaan lingkungan salah satu contohnya di mana kalau di kota banyak terdapat tempat hiburan sedangkan di desa sangat jarang kalau adapun tempatnya sangat jauh untuk di jangkau.

0 comments: