20 Mar 2013


Arsitektur website merupakan suatu rancangan dalam pembuatan website biasanya suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs . arsitektur itu melibatkan teknis, kriteria estetis dan fungsional. Oleh karena itu pada content web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi dan desain arsitektur web harus memerlukan perhatian khusus.

Website arsitektur akan datang dalam ruang lingkup estetika dan teori kritis dan kecenderungan ini dapat mempercepat dengan munculnya web semantik dan web 2.0. Kedua ide menekankan aspek struktur informasi. Strukturalisme adalah sebuah pendekatan untuk pengetahuan yang telah dipengaruhi sejumlah disiplin akademis termasuk estetika, teori kritis dan postmodernisme. Web 2.0, karena melibatkan user-generated content, mengarahkan perhatian arsitek website untuk aspek-aspek struktur informasi.

Web arsitektur memiliki potensi untuk menjadi istilah yang digunakan untuk disiplin intelektual mengatur content website. Web desain, dengan cara kontras, menggambarkan tugas-tugas praktis, bagian-bagian grafis dan teknis, dari merancang dan menerbitkan sebuah situs web.

Struktur website merupakan kerangka dimana halaman-halaman website disusun dan dihubungkan satu dengan yang lainnya.Sebelum melangkah lebih lanjut, di bagian Menentukan Topik Website  disebutkan apabila topik yang dipilih terlalu panjang untuk dibahas dalam satu halaman website, maka topik tersebut harus dipecah menjadi beberapa subtopik. Sekarang Anda harus merencanakan berapa jumlah halaman yang akan Anda gunakan, subtopik yang berkaitan erat bisa digabung menjadi satu halaman. Subtopik yang panjang sebaiknya menggunakan satu halaman tersendiri.

Dengan Struktur Web yang baik pengunjung akan merasa mudah mencari apa yang mereka cari. Dengan semakin mudah pengunjung akan lama mengunjungi website tersebut.
Dalam Struktur web sebaiknya tidak lebih dari 2 (dua) level kedalaman atau 2 (dua) kali klik dari halaman depan (home). Bila tidak, spider tidak akan membuat indeks semua halaman website.

Halaman-halaman yang ada pada sebuah website.
  1. Halaman Depan (Home Page) merupakan halaman pertama yang dilihat oleh pengunjung dan juga merupakan halaman yang paling penting dalam mendapatkan urutan pencarian yang tinggi dari mesin pencari, karena mesin pencari memberikan lebih banyak bobot kepada halaman depan darimana halaman lainnya..
  2. Halaman Produk/Jasa merupakan Bagian utama dari website berisi penawaran produk dan/atau jasa. Ada website yang hanya menawarkan produk seperti peralatan elektronik, pakaian, buku, perhiasan, kaset/CD/DVD.
  3. Halaman Informasi yaitu Profil: berisi sejarah mengenai bisnis atau perusahaan, visi dan misi, siapa saja pengurus inti website atau perusahaan, dan hal-hal penting lainnya mengenai bisnis atau perusahaan.
  4. Halaman Keanggotaan merupakan bagian yang penting sekali untuk pengembangan website di masa mendatang. Dengan mengetahui siapa saja pengunjung dan perkembangan jumlah pengunjung.
  5. Halaman Kontak berisi cara-cara untuk menghubungi pengurus website, bisa melalui email, telepon, fax, chatting, surat, ataupun dengan cara mengisi formulir pertanyaan atau komentar secara online.

 Referensi Web:
http://habysoekarno.blogspot.com/2012/03/sejarah-websitesejarah-internet-dan.html

Daftar Pustaka:
Indra, S.T. (2009). Pengenalan Arsitektur Website. Sumber Artha
Kusnanto, S.Kom(2011). Website Untuk Orang Awam. Maxicom








0 comments: